Beberapa Jenis Pijat yang Perlu Anda Ketahui

pijat3

Pijat adalah aktivitas memberi tekanan pada anggota tubuh, terutama kulit, otot, dan urat, dengan teknik atau metode tertentu. Terapi pijat dapat ditemukan di berbagai tempat, mulai dari salon, spa, hingga jasa terapis pijat tradisional yang dapat dipanggil ke rumah.

Anda pun bahkan dapat menikmati layanan pijat menggunakan alat atau kursi pijat dengan harga yang terjangkau di pusat-pusat perbelanjaan.

Jenis-Jenis Terapi Pijat

Pijat dapat dilakukan dengan berbagai teknik. Berikut ini adalah beberapa jenis terapi pijat yang diketahui aman untuk dilakukan:

Pijat jaringan dalam (deep tissue massage)

Jika tubuh terasa kaku dan nyeri, jenis terapi pijat ini cocok dilakukan karena terapis akan fokus memberikan tekanan pada lapisan otot, tendon, dan jaringan lain di bawah permukaan kulit. Selain itu, pijat jaringan dalam juga bisa meringankan cedera otot, seperti keseleo.

Pijat akupresur (acupressure massage)

Metode pijat ini dilakukan dengan cara memberikan tekanan di bagian tubuh tertentu atau disebut juga titik akupresur. Pemberian tekanan pada titik ini dipercaya dapat mengatasi penyumbatan, melancarkan aliran darah, dan mengembalikan keseimbangan energi dalam tubuh.

Selain itu, terapi pijat akupresur juga dapat meredakan nyeri dan meringankan efek samping kemoterapi.

Pijat Thai (Thai massage)

Berbeda dengan terapi pijat pada umumnya, Thai massage dilakukan di atas matras dan mengharuskan orang yang dipijat untuk turut bergerak aktif. Terapi pijat ini menggunakan teknik penarikan, peregangan, dan gerakan yang menyerupai yoga.

Pijat refleksi

Metode pijat refleksi cukup banyak digemari oleh masyarakat. Teknik pijat ini umumnya berfokus pada titik tertentu di bagian tubuh, terutama tangan dan kaki, yang memiliki jutaan saraf dan terhubung dengan berbagai organ dalam tubuh.

Dengan memijat area tersebut, dipercaya mampu mendeteksi dan mengatasi masalah kesehatan yang sedang dialami.

Pijat batu panas (hot stone massage)

Hot stone massage cocok dilakukan jika Anda sering mengalami keluhan nyeri atau tegang pada otot. Metode pijat ini menggunakan batu yang telah dihangatkan untuk melancarkan aliran darah dalam tubuh.

Tak hanya itu, metode pijat batu panas juga dapat meredakan ketegangan otot dan mengurangi rasa nyeri yang dialami.

Pijat aromaterapi

Pijat aromaterapi sebenarnya mirip dengan pijat biasa, hanya saja menggunakan aromaterapi saat memijat. Pijatan akan fokus pada area punggung, bahu, serta kepala, dan umumnya berlangsung selama 60–90 menit.

Dalam metode pijat ini, Anda bisa memilih aroma esensial yang Anda sukai, sehingga Anda menjadi lebih nyaman, tenang, dan rileks saat dipijat.

Selain itu, ada kondisi lain yang bisa terbantu dengan terapi pijat, seperti saat hamil. Pijat saat hamil dapat meredakan stres, pembengkakan kaki dan lengan, serta nyeri otot dan sendi.

sumber: https://www.alodokter.com/sehat-dengan-terapi-pijat-yang-tepat