Berikut Beberapa Manfaat Terapi Pijat untuk Kesehatan

pijat

Metode relaksasi, terapi pijat juga dapat memberikan beragam manfaat lain bagi kesehatan. Berikut adalah manfaat terpi pijat:

1. Meredakan sakit kepala

Terapi pijat bisa bermanfaat untuk meringankan keluhan sakit kepala, termasuk migrain. Studi menunjukkan bahwa terapi pijat dapat meredakan gejala nyeri dan memperbaiki kualitas tidur pada orang yang sering merasakan sakit kepala atau migrain.

2. Meringankan nyeri punggung

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa pijat dapat mengatasi gejala nyeri punggung kronis. Namun, manfaat terapi pijat sebagai metode pengobatan nyeri punggung masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

3. Mengurangi nyeri sendi

Nyeri dan kaku pada sendi merupakan salah satu keluhan yang cukup umum terjadi. Kondisi ini bisa disebabkan oleh radang sendi atau osteoartritis.

Studi menunjukkan bahwa terapi pijat bisa dilakukan sebagai terapi tambahan untuk meringankan nyeri dan meningkatkan pergerakan sendi pada penderita radang sendi.

4. Mengurangi stres

Terapi pijat diketahui dapat membantu tubuh untuk meningkatkan empat jenis hormon yang menimbulkan perasaan bahagia, yaitu serotonin, dopamin, endorphin, dan oksitoksin.

Peningkatan hormon-hormon tersebut tentu dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks, sehingga stres yang dirasakan sebelumnya pun akan berkurang.

5. Memperbaiki kualitas tidur

Pijat yang dilakukan secara rutin terbukti dapat menurunkan tingkat depresi dan rasa cemas serta meningkatkan kualitas tidur. Hal ini karena pijat dapat memicu pelepasan hormon serotonin, yaitu hormon yang dapat menimbulkan rasa tenang.

Penelitian menunjukkan bahwa terapi pijat dapat bermanfaat bagi penderita insomnia yang telah menopause atau menderita gagal jantung kongestif.

6. Merangsang pembentukan jaringan otot

Kelumpuhan, stroke, atrofi otot, atau multiple sclerosis adalah beberapa jenis kondisi yang dapat menyebabkan menyusutnya jaringan otot. Untuk merangsang kembali pembentukan jaringan otot yang menyusut, terapi pijat bisa dilakukan sebagai terapi tambahan.

sumber: https://www.alodokter.com/sehat-dengan-terapi-pijat-yang-tepat